SEJARAH HARGANTORO

Hargantoro | Secara pasti asal usul nama Hargantoro yang beredar dari cerita masyarakat pada saat itu, konon pada jaman Kerajaan Mataram ada seorang Kyai bernama P.Nuswantoro dan istrinya bernama Nyai Kerto Kenongo, beliau datang dan mesanggrah di sebuah bukit yang sekarang terkenal dengan nama Gunung Kambengan yang terletak di dusun Sanggrahan yang berada di ujung utara Desa dan letak geografisnya paling tinggi diantara dusun-dusun yang lain di wilayah Desa Hargantoro.

Setelah mesanggrah di tempat tersebut beliau mendirikan pesanggrahan dan memberi nama pesanggrahan tersebut dengan nama Hargo Antoro atau Hargo Ketoro yang artinya di antara perbukitan terlihat (ketoro) gunung yang tinggi dan pada akhirnya dari kalimat Hargo Antoro (ketoro) tersebut orang-orang menyebut kata HARGANTORO.

P.Nuswantoro dan istrinya menempati pesanggrahan tersebut sampai beliau berdua wafat dan dimakamkan di tempat tersebut.Sampai sekarang makam (petilasan) di gunung Kambengan masih ada dan dijadikan tempat sadranan oleh masyarakat dusun Gunungan khususnya kecuali hari jumat wage dan bulan suro/muharram.Sedang nama Hargantoro dan Pesanggrahan dipakai menjadi nama Desa Hargantoro dan dusun Sanggrahan sampai sekarang.

Sejak berdirinya atau terbentuknya Hargantoro, yang memegang pemerintahan Desa Hargantoro pertama kali tidak diketahui dengan pasti. Setelah itu dilanjutkan Kepala Desa yang kedua Martorejoko sampai tahun 1946. Kepala Desa yang ketiga adalah Ahmad Rajiyo (1946-1975). Berikutnya adalah kepemimpinan Samino yang menjabat tahun 1975-1989. Kepala Desa yang kelima adalah Muhtarom dari tahun 1989 – 1998.Setelah habis masa jabatan Muhtarom terjadi kevakuman kepemimpinan Desa Hargantoro dan di Pj Oleh Sekretaris Desa Hargantoro Muslim sampai tahun 2002. Yang keenam adalah Paino yang menjabat tahun 2002-2012. Selanjutnya Kepala Desa ke tujuh Sutiyanto yang menjabat dari tahun 2012 dan berakhir pada bulan Januari tepatnya pada tanggal 23.

Sesuai kebijakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018, untu mengisi kekosongan Jabatan Kepala Desa Hargantoro, maka Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengangkat Sumiyati,S.Sos Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Tirtomoyo sebagai Penjabat Kepala Desa Hargantoro ke delapan terhitung mulai tanggal 24 Januari 2018 sampai ditetapkannya Kepala Desa Hargantoro definitif. Saat ini yang memegang tampuk pemerintahan Desa Hargantoro kesembilan adalah Warto hasil pemilihan Kepala Desa serentak yang dilaksanakan pada tanggal 04 Desember 2018 dan dilantik pada tanggal 27 Desember 2018 untuk masa bakti tahun 2018 sampai dengan tahun 2023.

Pada umumnya masyarakat Desa Hargantoro mengandalkan kehidupannya dari sector pertanian. Namun kepemilikan lahan yang sempit menjadikan kehidupan ekonomi dari sector pertanian tidak bisa menopang kesejahteraan ekonomi mereka. Hal ini juga disebabkan dari sifat paternalistik di bidang pertanian yang dalam hal ini mereka belum mau menerima inovasi-inovasi pertanian. Faktor lain yang mempengaruhi hasil pertanian kurang memuaskan adalah ketersediaan air irigasi yang sangat kurang dan juga sarana pertanian yang kurang memadai.

About Desa Hargantoro 108 Articles
Kami hanya seseorang yang ingin terus belajar untuk kemajuan Desa Hargantoro yang lebih baik.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan