KENAPA ADA TPS DI PILKADES?

Petugas KPPS membacakan kartu suara dalam proses penghitungn suara.pada pilkades Hargantoro 2018.

Tirtomoyo | Bagaimana kalau nantinya dalam Pilkades di Wonogiri terdapat lebih dari satu orang calon yang memperoleh suara yang sama, siapa yang ditentukan menjadi pemenangnya, sedangkan pada Pilkades sekarang sudah tidak ada Pilkades ulang. Dalam Peraturan Bupati Wonogiri Nomor   87 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 46 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengesahan Dan Pengangkatan, Pelantikan Dan Pemberhentian Kepala Desa.

Dijelaskan dalam pasal 55 :

  1. Calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak dari jumlah suara sah ditetapkan sebagai calon Kepala Desa terpilih.
  2. Dalam hal Calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 (satu) orang, calon terpilih ditetapkan berdasarkan wilayah perolehan suara sah yang lebih luas.
  3. Perolehan suara sah yang lebih luas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), calon Kepala Desa ditetapkan dengan ketentuan : a. Calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak di 2 (dua) TPS. b. Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada huruf a masih tetap sama, maka calon terpilih adalah calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak pada TPS yang menggunakan hak suaranya paling banyak. c. Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada huruf b masih tetap sama, maka calon terpilih adalah calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak pada TPS yang jumlah DPTnya paling banyak.

Ilustrasi Antrian Warga yang akan menyalurkan hak suaranya di Pelaksanaan Pilkades di Desa Hargantoro 2018

“maka kenapa sekarang Pilkades mengunakan TPS, ini tujuannya untuk menentukan yang menjadi siapa calon terpilih apabila dari para calon itu lebih dari satu calon yang mendapatkan suara yang sama, karena memang di peraturan perundang-undangan tidak diatur untuk Pilkades Ulang” Kata Hanung Nugroho Pendamping Desa Kecamatan Tirtomoyo ketika dimintai pendapat apabila ada suara draw di Pilkades serentak di Kecamatan Tirtomoyo.admin

Facebook Comments

Desa Hargantoro

Kami hanya seseorang yang ingin terus belajar untuk kemajuan Desa Hargantoro yang lebih baik.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan