PENDUDUK YANG BARU PINDAH DATANG TIDAK BISA NYOBLOS DI PILKADES WONOGIRI

Tirtomoyo| Dalam penyusunan Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) Pilkades 2019  berbeda denagan DPS Pemilu bagi pemilih penduduk pendatang. Dalam penyusunan Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) Pilkades 2019  telah diatur dengan Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 46 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor  7  Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Pemilihan, Pengesahan Dan Pengangkatan, Pelantikan Dan Pemberhentian Kepala Desa ,Tertuang dalam Pasal 7 bahwa :

  • Untuk dapat menggunakan hak pilih, pemilih harus terdaftar sebagai pemilih.
  • Pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi syarat:
  • penduduk Desa yang pada hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah menikah; b. nyata-nyata tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya; c. tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap; dan d. berdomisili di Desa sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sebelum disahkannya DPS yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga atau surat keterangan penduduk yang dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  • Bagi penduduk yang secara fisik sudah berdomisili 6 (enam) bulan atau lebih tetapi secara administrasi tercatat kurang dari 6 (enam) bulan sejak disahkannya DPS dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai pemilih.
  • Pemilih yang telah terdaftar dalam daftar pemilih ternyata tidak lagi memenuhi syarat sebagaimana dimaksud pada ayat (2), tidak dapat menggunakan hak memilih.

Dalam penyusunan dalam DPS di Pilkades ini bahwa yang bias masuk DPS bagi penduduk pendapat paling cepat 6 bulan sebelum ditetapkannya DPS tersebut.

Ilustrasi Antrian Warga yang akan menyalurkan hak suaranya di Pelaksanaan Pilkades di Desa Hargantoro

“Penduduk pendatang baru yang bisa masuk DPS paling tidak sebelum tanggal 15 Januari 2019, karena DPS ditetapkan pada tanggal 15 Juli 2019, jadi harus sudah masuk KK 6 bulan sebelum DPS ditetapkan” ujar Rohjati sekretaris Desa Hargorejo yang juga Sekretaris Pilkades Desa Hargorejo.admin

Facebook Comments

Desa Hargantoro

Kami hanya seseorang yang ingin terus belajar untuk kemajuan Desa Hargantoro yang lebih baik.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan