TIM PENYUSUN RKPDes MELAKSANAKAN MUSDUS

Foto : Peserta Musdus di Dusun Krendetan Lor Desa Hargantoro

Oleh : Tim Sideka.id-Hargantoro.

Hargantoro, 26 Agustus 2018, Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019, Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo Tahun 2019, melakukan Musyawarah Dusun ( Musdus ) di Dusun Krendetan Lor , hadir dalam Musyawarah Dusun tersebut terdiri dari unsur Perangkat Desa, Anggota BPD ,Ketua RT , Ketua RW, Perwakilan Karang Taruna , Pengurus Posyandu Baik yang balita maupun yang Lansia dan Masyarakat Dusun ,hadir kurang lebih 65 peserta.

Ketua Tim Penyusun RKPDes, Sugeng,SE  yang juga Plt.Sekretaris Desa Hargantoro menjelaskan kepada peserta rapat tentang tujuan diadakannya Musdus , yaitu dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2019 di Desa Hargantoro, Karena pemerintah desa dalam melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2019 , salah satunya adalah mengacu pada prioritas kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan pada tingkat di bawahnya (musyawarah RT, RW, dusun dan musyawarah kelompok masyarakat).

Juga di sampaikan kepada peserta musdus, bahwa dalam mengusulkan kegiatan jangan hanya terpaku pada kegiatan yang berbentuk pembangunan fisik saja, tetapi juga mengusulkan dalam skala prioritas kebutuhan non fisik, kareana setelah lahirnya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, dalam kerangka APBDes ada empat bidang yang diatur dalam UU tersebut, yaitu Bidang Pemerintahan , Bidang Pembangunan, Bidang Pembinaan dan Bidang Pemberdayaan. Dan selama ini masyarakat Dusun hanya terpaku dengan usulan –usulan di bidang pembangunan fisik saja sedangkan bidang pembinaan dan pemberdayaan tidak kalah pentingnya untuk diusulkan dalam skala prioritas didalam penyusunan RKPDes.

Dalam Musdus tersebut disepakati dalam bidang pembangunan diusulkan rabat jalan blok beton dengan volume 3 m x 200 m dan rehab bok deker, sedangkan dalam bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat akan ditindaklanjuti lagi dengan musyawarah kelompok. admin

Facebook Comments

Desa Hargantoro

Kami hanya seseorang yang ingin terus belajar untuk kemajuan Desa Hargantoro yang lebih baik.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Samsidar berkata:

    terima kasih atas infonya pak…

Tinggalkan Balasan